Dasar Dasar Ilmu Alquran

| September 25, 2017 | 0 Comments

Dasar Dasar Ilmu Alquran

Ilmu Tarjamah, Tafsir, & Tarikh Al-Qur’an
Ilmu Qira’at, Tajwid, & Tilawah
Ilmu Nasikh Mansukh, Muhkam & Mutasyabih Kemukjizatan (I’jaz Al-Qur’an)
Asbabun Nuzul
Tokoh-Tokoh Mufassir dari Era Salaf hingga Kontemporer

penulis ; manna’ alqaththan

ummul quro

Kajian tentang Al-Qur’an memerlukan banyak ragam ilmu, yang disebut sebagai Ulumul Qur’an (Ilmu-Ilmu Al-Qur’an). Ulumul Qur’an merupakan disiplin ilmiah yang mempunyai ruang lingkup pembahasan yang sangat luas, yang meliputi Ilmu Tafsir maupun ilmu-ilmu bahasa Arab, seperti Balaghah dan I’rabul Qur’an, di samping ilmu-ilmu lainnya. Di dalam kitab Al-Itqan, Imam As-Suyuthi menguraikan nya hingga sebanyak 80 cabang ilmu.

Mengerti cabang-cabang ilmu tersebut dan para ahli nya sangatlah penting. Apalagi pada zaman di mana banyak umat Islam lemah pemahaman nya tentang Islam, bahkan dalam hal-hal yang sangat mendasar dan aksiomatik. Tidak paham Ulumul Qur’an bisa berujung pada kesalahan dan penyimpangan dalam memahami ayat-ayat Al-Qur’an.

Di sisi lain, dengan berbekal Ulumul Qur’an, seorang muslim tidak berada dalam ketakutan yang berlebihan untuk bisa dekat dan menadaburi Al-Qur’an. Yang jelas, buku ini merupakan permulaan yang tepat bagi mereka yang ingin naik jenjang, dari hanya sebatas membaca Al-Qur’an menuju kepada mempelajari dan memahami kandungan nya. Buku dasar dasar ilmu alquran ini juga telah teruji bertahun-tahun sebagai pegangan standar di kalangan akademisi karena kelengkapan isi dan kepakaran penulis nya.

Syekh Manna’ bin Khalil Al-Qatthan | Dilahirkan pada tahun 1925 di Syansur, Manufiyah, Mesir. Kehidupan ilmiahnya dimulai dengan tahfizh Al-Qur’an sejak kecil. Kemudian melanjutkan ke Madrasah Ibtida’iyah dan Ma’had Diniyah Al-Azhar. Ketika muda turut berjihad di Palestina dua kali, yaitu pada tahun 1938 dan 1948. Selanjutnya menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ushuluddin di Kairo dan menjadi ketua asosiasi mahasiswa. Belajar kepada sejumlah ulama senior seperti Syekh Abdurrazzaq Afifi, Dr. Muhammad Al-Bahi, dan Dr. Muhammad Yusuf Musa. Kemudian pindah ke Arab Saudi untuk mengajar di berbagai ma’had (1953).

Sejak tahun 1958 menjadi dosen di Fakultas Syariah dan Fakultas Bahasa Arab di Riyadh, direktur di Ma’had Ali li Al-Qadha’ (Sekolah Tinggi Kehakiman), dan direktur Studi Pascasarjana, Universitas Al-Imam Muhammad bin Suud. Mendapat amanat sebagai pembimbing hingga 115 Judul tesis dan disertasi di tiga perguruan tinggi terkemuka, yaitu Universitas Al-Imam (Riyadh), Universitas Ummul Qura (Mekkah), dan Universitas Islam Madinah. Tidak kurang dari 22 Judul karya tulis ilmiahnya yang sudah dicetak, di antaranya yang paling terkenal adalah buku Mabahits fi Ulum Al-Qur’an. Wafat pada 19 Juli 1999 dalam usia 75 tahun dan dimakamkan di Riyadh.



NB :
- Untuk Pemesanan Hubungi Hp. 081314658527
- Mau Dapat Info Produk Terbaru Kami Via E-mail & Diskon Tambahan

Masukan E-mail Anda Disini:

Delivered by FeedBurner

Tags:

Category: buku panduan

About the Author ()

Leave a Reply